TEORI PERILAKU KONSUMEN

Model Utilitas Kardinal dan teori permintaan

Teori Ekonomi Mikro Bab III Teori Perilaku Konsumen Halaman

By: Bagus Nurcahyo

Asumsi dalam Model Utilitas Kardinal

* Kepuasan konsumen pada suatu barang dapat diukur dengan satuan uang.
* Konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan total.
* Kepuasan konsumen dibatasi garis anggaran.
* Berlaku hukum diminishing return.
* Total Utility (TU),




* Marginal Utility (MU),

Q = Output

∆TU = Perubahan total ulitity

∆Q = Perubahan output

Teori Ekonomi Mikro Bab III Teori Perilaku Konsumen

Kondisi Keseimbangan Konsumen dan Kurva Permintaan Konsumen

* Secara teoritis, konsumen akan memperoleh kepuasan total (TU) maksimum pada saat harga (P) sama dengan tambahan kepuasan (MU).
* TUx max Px = MUx

MUx = Px ; jika Px =4 TUx = 16Qx – Qx2

16 – 2Qx = 4 = 16(6) - 62

2Qx = 16 – 4 = 96 – 36

Qx = 6 = 60



Teori Ekonomi Mikro Bab III Teori Perilaku Konsumen

Realitas Model Utilitas Kardinal

* Asumsi tentang utilitas suatu barang sangat sulit diterapkan.
* Rasionalitas konsumen terpengaruh oleh sikap emosional konsumen, seperti; pengaruh iklan, lingkungan, gengsi .
* Konsumen memutuskan membeli produk jika harga dan manfaat produk sama atau sebanding.
* Atribut suatu barang sebagian dapat diukur dengan kualitas dan harga produk.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment